Penulis Utama : Diki Cahyo Gumilang
NIM / NIP : K2512029
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menyelidiki pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator terhadap opasitas gas buang pada mesin diesel Mitsubishi L300. (2) Menyelidiki pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap opasitas gas buang pada mesin diesel Mitsubishi L300. (3) Menyelidiki pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator dan penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap opasitas gas buang pada mesin diesel Mitsubishi L300. (4) Menyelidiki pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator dan penambahan biodiesel pada bahan bakar solar yang paling baik terhadap opasitas gas buang pada mesin diesel Mitsubishi L300.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan adalah mesin diesel Mitsubishi L300. Data diperoleh dari uji opasitas dengan variasi campuran biodiesel 0 %, 5%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30%, disertai dengan variasi tanpa pemanasan, pemanasan pipa tanpa sirip, dan pemanasan pipa bersirip tegak lurus 2 ulir spiral, 4 ulir spiral, 6 ulir spiral. Pengujian opasitas menggunakan alat smoke meter.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Pemanasan bahan bakar dapat menurunkan kadar Opasitas pada mobil diesel Mitsubishi L300. Penurunan kadar opasitas terbesar pada pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip tegak lurus yaitu sebesar 42,925 (%). (2) Penambahan biodiesel dalan bahan bakar solar dapat menurunkan kadar Opasitas pada mobil diesel Mitsubishi L300. Kadar opasitas terbaik pada penambahan biodiesel campuran 30% biodiesel dan 70% solar yaitu 39,025 (%). (3) Pemanasan bahan bakar dan penambahan biodiesel dalam bahan bakar solar dapat menurunkan kadar Opasitas pada mobil diesel Mitsubishi L300. Penurunan kadar opasitas terbesar pada kadar 30% biodiesel dan 70% solar dan pemanasan bahan bakar menggunakan pipa 2 ulir spiral sebesar 34,4 (%).


Kata kunci : pemanasan bahan bakar, pipa bersirip spiral, biodiesel, opasitas, upper tank radiator.

×
Penulis Utama : Diki Cahyo Gumilang
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512029
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar Melalui Pipa Bersirip Spiral Pada Upper Tank Radiator Dan Penambahan Biodiesel Dalam Solar Terhadap Emisi Gas Buang Pada Mesin Diesel Mitsubishi L300
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin - K2512029 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto., S.T., M.Eng.
2. Ir. Husin Bugis, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.