Penulis Utama : Emilia Arizka Putri
NIM / NIP : I0112038
×

ABSTRAK

Pertumbuhan ekonomi Kota Surakarta menjadikan aktifitas pergerakan di pusat-pusat kota maupun daerah sekitar meningkat, sehingga menimbulkan peningkatan volume kendaraan di dalam kota dan mengakibatkan permasalahan transportasi kota. Oleh karena itu, suatu kebijakan diterapkan sebagai upaya mengatasi permasalahan transportasi. Penelitian ini akan melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah dengan membandingkan nisbah volume kapasitas (NVK) pada kondisi jaringan jalan sebelum dan sesudah diberlakukan sistem satu arah pada tahun 2016.
Penelitian dilakukan di Kota Surakarta. Pengambilan data melalui data primer yaitu survai langsung, data sekunder yang diambil dari penelitian sebelumnya serta beberapa instansi terkait. NVK diperoleh dengan membandingkan volume lalu lintas dengan kapasitas jalan. Volume lalu lintas didapat dengan membebankan Matriks Asal Tujuan (MAT) ke jaringan jalan dengan metode pembebanan User Equilibrium menggunakan bantuan program EMME/3, dimana kapasitas dihitung berdasarkan MKJI. NVK < 0,8 berada pada kondisi stabil, 0,8 ≤ NVK < 1 adalah kondisi tidak stabil, dan NVK ≥ 1 adalah kondisi kritis. Perbandingan NVK pada kondisi jaringan jalan sebelum dan sesudah diberlakukan sistem satu arah akan mengevaluasi kebijakan sistem satu arah yang diterapkan oleh pemerintah. Kemudian ruas jalan dengan NVK ≥ 0,8 diberikan solusi penanganan terhadap permasalahan kapasitas jalan yang terjadi saat kondisi jaringan jalan diterapkan kebijakan sistem satu arah.
Perbandingan NVK pada jaringan jalan sebelum dan sesudah diberlakukan sistem satu arah pada rentang 0-0,4 adalah 29,09% dan 29,10%, rentang 0,4-0,6 adalah 32,74% dan 34,92%, rentang 0,6-0,8 adalah 22,50% dan 21,02%, serta NVK ≥ 0,8 adalah 15,67% dan 14,96%. Setelah dilakukan penanganan berupa pelarangan parkir dan kaki lima pada kondisi jaringan jalan setelah diberlakukan sistem satu arah diperoleh nilai NVK ≥ 0,8 mengalami penurunan sebesar 4,15%.


Kata Kunci : Kota Surakarta, Kinerja Jaringan Jalan, NVK, EMME/3

×
Penulis Utama : Emilia Arizka Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112038
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi Kinerja Jaringan Jalan Kota Surakarta Terhadap Kebijakan Sistem Satu Arah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Teknik Jur. Teknik Sipil - I0112038 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Ir. Syafi’i , M.T.
2. Slamet Jauhari Legowo, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.