Penulis Utama : Alfin Muhammad Nur
NIM / NIP : D1413009
×

Bintang Pagi Production merupakan salah satu Production House (PH) yang ada di kota Surabaya. PH ini aktif memproduksi berbagai karya video baik untuk tujuan komersial maupun eksperimental. Semua karya video yang dihasilkan oleh Bintang Pagi Production berdasar pada konsep kreatif dan komunikatif. Karya video yang diproduksi oleh Bintang Pagi Production meliputi program televisi, iklan komersial, video klip, film pendek, dan video profil. Selain aktif dalam memproduksi karya video, Bintang Pagi Production juga aktif dalam kegiatan sosial. Salah satu program sosial tersebut adalah dengan mendirikan sebuah taman baca anak yang memiliki konsep sekolah alam. Taman baca tersebut terletak di daerah terpencil di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Taman baca tersebut bernama Taman Baca Leda Bintang.
Selain diberi tugas untuk membantu kegiatan produksi di Bintang Pagi Production, selama melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) penulis juga diberi tugas utama untuk memproduksi video profil Taman Baca Leda Bintang (TBLB). Penulis bersama rekan magang membagi tugas dan mengerjakan video profil tersebut. Selain itu, penulis juga membuat dua video animasi tentang ajakan membaca yang ditargetkan untuk anak-anak dan orang tua. Kedua video tersebut berjudul “Ayo Membaca bagian 1” dan “Ayo Membaca bagian 2”. Dalam memproduksi video profil TBLB dan dua video animasi Ayo Membaca bagian 1 dan 2 penulis bertugas sebagai seorang editor. Dalam kegiatan editing editor memiliki peran yang sangat penting mulai dari memilih gambar, hingga menyusun gambar sehingga mampu menciptakan sebuah video yang memiliki pesan dan dapat dinikmati oleh penonton. Ketiga video yang diproduksi tersebut dipublikasikan lewat website dan facebook fanspage TBLB dengan tujuan mengenalkan TBLB kepada masyarakat luas.
Selama kurang lebih 2 bulan melaksanakan KKM di Bintang Pagi Production, penulis bisa merasakan alur kerja profesional dalam dunia kerja terutama di bidang industri kreatif. Semua ini tidak lepas dari bimbingan yang diberikan oleh pembimbing dari instansi. Tidak lepas dari itu, kemampuan penulis dalam memproduksi sebuah video juga semakin terasah dan meningkat.
Kesimpulan penulis mengenai pekerjaan sebagai seorang editor di sebuah Production House adalah editor memiliki peran yang sangat penting karena seorang editor mengolah semua gambar yang sebelumnya telah direkam dan menggambungkannya dalam satu video utuh sehingga memiliki pesan dan dapat dinikmati oleh penonton. Oleh karena itu dalam kegiatan produksi editor disebut sebagai second director.
(kata kunci: penyiaran, production house, editor)

 

×
Penulis Utama : Alfin Muhammad Nur
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1413009
Tahun : 2016
Judul : Peran editing dalam proses pembuatan video profil “taman baca leda bintang” di bintang pagi production
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Komunikasi Terapan-D.1413009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Suranto S.Sn., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.