Penulis Utama : An-nisa Nur Sholihah Indah Septiani
NIM / NIP : K6412005
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh implementasi model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan multimedia interaktif berbasis Swish Max terhadap civic knowledge siswa pada materi Menatap Tantangan Integrasi Nasional Siswa Kelas XI di SMA N 4 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian posttest only kontrol design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 4 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas XI MIA 6 dan XI MIA 4 dengan teknik sampling simple random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan lembar observasi, angket tanggapan siswa, dokumentasi, serta tes. Uji validitas instrumen dilakukan dengan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana yang didahului dengan uji persyaratan analisis data berupa uji linearitas dan uji independen, dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara implementasi model pembelajaran MEA berbantuan multimedia interaktif berbasis Swish Max (X) terhadap civic knowledge siswa pada materi “Menatap Tantangan Integrasi Nasional” (Y) yang dibuktikan dengan hasil korelasi dimana nilai rhitung(0,5366) > rtabel(0,533), sehingga ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Pengaruh yang signifikan dibuktkan dari hasil uji keberartian koefisien korelasi dengan uji t diperoleh thitung(3,4242) > ttabel(1,6991), maka koefisien korelasinya signifikan. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y ditunjukkan dengan hasil penghitungan sumbangan determinasi yakni 28,79%, sedangkan sisanya 71,21% dipengaruhi oleh faktor lain, diantaranya kesehatan, intelegensi, bakat, minat, guru, sarana-prasarana, dan sebagainya. Adapun persamaan garis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y=50,843+0,443X, jadi dari persamaan regresi menggambarkan setiap kenaikan satu angka pada variabel X maka diikuti kenaikan variabel Y sebesar 0,443. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara implementasi model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan multimedia interaktif berbasis Swish Max terhadap civic knowledge siswa pada materi “Menatap Tantangan Integrasi Nasional” (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI di SMA N 4 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)
Kata Kunci: Means Ends Analysis, multimedia interaktif, civic knowledge.

 

×
Penulis Utama : An-nisa Nur Sholihah Indah Septiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412005
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh implementasi model pembelajaran means ends analysis (mea) berbantuan multimedia interaktif berbasis swish max terhadap civic knowledge siswa pada materi “menatap tantangan integrasi nasional” (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6412005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hassan Suryono, SH., MH., M.Pd
2. Wijianto, S.Pd., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.