Penulis Utama : Ayu Noviana Isman
NIM / NIP : I0112015
×

Kebutuhan akan hunian yang semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk menjadi salah satu pemicu terjadinya peningkatan jumlah kebutuhan material konstruksi, salah satunya adalah tulangan baja untuk beton. Sayangnya proses produksi tulangan baja memerlukan metode dan proses yang cukup panjang, untuk itu muncul sebuah alternatif tulangan beton baru yang memiliki kuat tarik cukup baik. Beberapa ahli struktur telah melakukan penelitian mengenai kemungkinan penggunaan material lain yang dapat menahan gaya tarik pada konstruksi rumah sederhana. Seperti yang dilakukan oleh Morisco (1996), yaitu dengan memanfaatkan bambu sebagai tulangan beton. Bambu petung, merupakan material lokal tulangan beton yang memiliki kuat tarik cukup tinggi dan mudah ditemukan di berbagai wilayah.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas lentur balok beton tulangan bambu petung vertikal takikan tipe U lebar 3 cm tiap jarak 10 cm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan kuat desak beton minimal 17 MPa. Tulangan bambu yang digunakan memiliki dimensi panjang 1650 mm, lebar 20 mm dan tebal 5 mm. Benda uji berjumlah 12 buah, berbentuk balok dengan dimensi panjang 1700 mm, lebar 110 mm dan tinggi 150 mm. Enam buah balok bertulangan baja, dan enam balok lainnya bertulangan bambu petung vertikal takikan tipe U lebar 3 cm tiap jarak 10 cm. Pengujian dilakukan pada umur 28 hari dengan metode two point loading.
Nilai kapasitas lentur hasil pengujian balok beton bertulangan bambu petung vertikal takikan tipe U lebar 3 cm tiap jarak 10 cm adalah 299.6104 kgm, sedangkan kapasitas lentur hasil pengujian balok beton tulangan baja adalah 592.6789 kgm. Prosentase nilai kapasitas lentur balok tulangan bambu terhadap balok tulangan baja adalah 50.5519%.
Kata Kunci : balok beton tulangan bambu, kapasitas lentur, tulangan bambu

 

×
Penulis Utama : Ayu Noviana Isman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112015
Tahun : 2016
Judul : Kapasitas lentur balok beton tulangan bambu petung vertikal takikan tipe u lebar 3 cm tiap jarak 10 cm
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0112015-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Setiya Budi, S.T, M.T
2. Ir. Bambang Santosa, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.