Penulis Utama : Febriancy Ayu Valda Ciptani
NIM / NIP : S841502005
×

Novel merupakan salah satu karya sastra imajinatif dan kreatif yang terefleksi dari kehidupan masyarakat. Sebagai karya satra, novel bersifat memberi keindahan, manfaat, dan nilai-nilai edukasi. Dengan demikian, novel dapat dijadikan sebagai media memperkenalkan kebudayaan masyarakat dalam suatu wilayah. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan; (1) tema, (2) latar, (3) wujud budaya, (4) nilai pendidikan tanggung jawab dalam novel Kerudung Santet Gandrung karya Hasnan Singodimayan, dan (5) relevansinya dengan pembelajaran satra di SMA.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan antropologi sastra. Data diperoleh dari membaca intensif pada novel Kerudung Santet Gandrung karya Hasnan Singodimayan, serta hasil wawancara yang dilakukan kepada beberapa informan, yaitu guru dan peserta didik. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder, sumber data primer berupa novel Kerudung Santet Gandrung karya Hasnan Singodimayan, sedangkan sumber data sekunder berupa penelitian yang relevan, penelitian terdahulu, buku, dan jurnal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Tema novel Kerudung Santet Gandrung karya Hasnan Singodimayan adalah kebudayaan Banyuwangi. (2) Latar meliputi (a) latar tempat, (b) latar waktu, dan (c) latar sosial budaya. (3) Wujud budaya, mencakup (a) kompleksitas ide terdiri atas (i) hakikat hidup, (ii) hakikat karya, (iii) hakikat manusia dengan waktu, (iv) hakikat manusia dengan alam, dan (v) hakikat manusia dengan sesama. (b) Kompleksitas aktifitas, mencakup (i) aktivitas kekerabatan, (ii) aktivitas ekonomi, (iii) aktivitas pendidikan, (iv) aktivitas keindahan & rekreasi, (v) aktivitas religi, (vi) aktivitas politik, dan (vii) aktivitas kebutuhan jasmani. (c) Kompleksitas hasil budaya, berupa benda-benda atau artefak berupa cagar budaya, busana adat, topi tradisional, makanan, alat-alat perekonomian, tempat berlindung berupa terop, dan kebutuhan untuk upacara. (4) Nilai pendidikan tanggung jawab meliputi tanggung jawab kepada Tuhan, tanggung jawab kepada pekerjaan, tanggung jawab kepada keluarga, dan tanggung jawab sebagai pelajar. (5) Tema, latar, wujud budaya, dan nilai pendidikan tanggung jawab relevan dengan pembelajaran sastra di SMA.
Kata kunci: wujud budaya, nilai pendidikan, novel, antropologi sastra

 

×
Penulis Utama : Febriancy Ayu Valda Ciptani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841502005
Tahun : 2016
Judul : Wujud budaya dan nilai pendidikan tanggung jawab serta relevansinya dengan pembelajaran sastra di sma (Novel Kerudung Santet Gandrung Karya Hasnan Singodimayan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S.841502005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd
2. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.