Penulis Utama : Ferda Rozaq Manihotana
NIM / NIP : S811408003
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) pelaksanaan pembelajaran Contextual Teachiung and Learning ( CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. (2) untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (3) Untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK ) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini di lakukan di SD Muhammadiyah Wonogiri pada kelas IV B. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, tes, catatan lapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkkan adanya peningkatan aktifitas belajar dengan presentasi kenaikan dalam siklus I yaitu 2,90, siklus II yaitu 3,19 serta siklus III yaitu 3,44 dengan dikatakan baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti dengan peningkatan persentase ketuntasan siswa yang telah mencapai nilai diatas KKM yaitu ≥ 80 dan nilai rata – rata kelas siklus I yaitu 59,55,. siklus II yaitu 65, 37, siklus III yaitu 85,74.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa pendekatan model CTL (Contextual Teaching and Learning ) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV B SD Muhammmadiyah Wonogiri tahun pelajaran 2015 / 2016.


Kata Kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Model, CTL, Pembelajaran, Matematika.

×
Penulis Utama : Ferda Rozaq Manihotana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811408003
Tahun : 2016
Judul : Pelaksanaan Ctl ( Contextual Teaching And Learning ) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Iv B Sd Muhammadiyah Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Jur. Teknologi Pendidikan - S811408003 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Mulyoto, M.Pd
2. Dr. Akhmad Arif M, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.