Penulis Utama : Fika Zusanti
NIM / NIP : I0112053
×

ABSTRAK

Seiring dengan perkembangan zaman, aktivitas pemenuhan kebutuhan yang dilakukan oleh manusia akan mengalami peningkatan. Hal ini dapat mengakibatkan permasalahan sistem transportasi, karena permintaan perjalanan yang dilakukan manusia juga akan meningkat. Untuk itu perlu dilakukan estimasi Matriks Asal Tujuan (MAT). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya parameter β menggunakan model Gravity dengan fungsi hambatan tanner dan juga untuk mengetahui distribusi perjalanan di Kota Surakarta pada tahun 2025.
Penelitian ini dilakukan di Kota Surakarta yang merupakan pusat pertumbuhan ekonomi baik bagi masyarakat Kota Surakarta sendiri maupun bagi masyarakat di sekitar Kota Surakarta seperti dari Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri. sistem pembagian zona berdasarkan jumlah kelurahan di Kota Surakarta yaitu 51 zona ditambah dengan 14 zona eksternal. Survai dilakukan pada 17 lokasi, yaitu pada zona internal terdapat 13 lokasi dan pada zona eksternal terdapat 4 lokasi. Estimasi MAT pada tahun penelitian menggunakan software EMME/3. Sedangkan untuk mengestimasi MAT pada tahun 2025 menggunakan Model Gravity. Pada Model Gravity terdapat parameter β yang berfungsi sebagai faktor penentu besarnya nilai sebaran yang terjadi di setiap zona. Metode untuk memperoleh β adalah metode kalibrasi Newton-Raphson menggunakan software Matlab. Selain itu untuk menghitung bangkitan (Oi) dan tarikan (Dd) perjalanan pada tahun 2025 menggunakan perhitungan growth factor (3,3%). Uji Validitas menggunakan koefisien Determinasi (R²).
Besarnya nilai parameter β yaitu 0,00084, dengan tingkat validitas (R2) sebesar 0,8753. Dari hasil perhitungan dengan bantuan EMME/3, diperoleh total jumlah estimasi distribusi perjalanan Kota Surakarta pada tahun 2025 adalah 56029 smp/jam.


Kata kunci : MAT, Model Gravity, EMME/3, Distribusi Perjalanan, Matlab

×
Penulis Utama : Fika Zusanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112053
Tahun : 2016
Judul : Estimasi Distribusi Perjalanan Kota Surakarta Tahun 2025 Menggunakan Model Gravity
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Teknik Jur. Teknik Sipil - I0112053 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Ir. Syafi’i , M.T.
2. Slamet Jauhari Legowo, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.