Penulis Utama : Herry Setiawan
NIM / NIP : F3613032
×

Strategi pemasaran di dunia perbankan khusunya pada PD BPR BKK GROGOL sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat, karena bank memiliki peran penting bagi nasabah dalam menyalurkan produk bank untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran. Selain itu memasaran produk atau jasa seperti kredit modal kerja dari mulut ke mulut juga tidak menggunakan biaya dan sangat efektif
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan seperti metode diskriptif dengan cara meneliti dan mengolah data yang diperoleh dari PD BPR BKK GROGOL. Teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk memperoleh data dengan menggunakan teknik wawancara untuk memperoleh data dan informasi mengenai sejarah dan perkembangan BPR serta strategi pemasaran kredit guna meningkatkan kredit modal kerja pada PD BPR BKK GROGOL Sukoharjo. Penelitian ini mengambil rumusan masalah antara lain, strategi pemasaran yang digunakan bank untuk memasarkan kredit modal kerja, sasaran utama pihak PD BPR BKK GROGOL untuk memasarkan kredit tersebut, dan kekurangan yang dihadapi bank dalam memasarkan kredit.
Strategi yang digunakan PD BPR BKK GROGOL pada saat ini untuk memasarkan kredit modal kerja masih mengandalkan sistem database dan personal selling (penualan perorangan) dengan teknik dari mulut ke mulut dan door to door. Sasaran utama dalam memasarkan kredit modal kerja, yaitu kepada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan petani. Kekurangan yang dihadapi pihak PD BPR BKK GROGOL saat ini adalah kurangnya sumber daya manusia dan persainagn antar perbankan yang sangat ketat.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Strategi yang digunakan pihak PD BPR BKK GROGOL dalam memasarkan kredit untuk meningkatkan modal kerja adalah dengan mengandalkan sistem database dan personal selling (penjualan perorangan) dengan teknik dari mulut ke mulut dan door to door. Sasaran utama pihak PD BPR BKK GROGOL dalam memasarkan kredit modal kerja yaitu kepada UMKM dan Petani. Kekurangan yang dihadapi pihak PD BPR BKK GROGOL pada saat ini dalam memasarkan kredit terutama pada kredit modal kerja yaitu kurangnya sumber daya manusia untuk memasarkan suatu produk perbankan, salah satunya dalam memasarkan kredit modal kerja dan persaingan antar perbankan yang sangat ketat.
Marketing strategy in bank sector, particularly in PD. BPR BKK Grogol is really needed by all members of society, because the bank plays an important part in distributing bank product to customers in order to meet the customers’ need. Marketing strategy contained specific strategy for target market, positioning, marketing mix, and marketing expense. In addition, marketing product or service like work capital loan using words of mouth did not incurred cost and was very effective.
The research method employed was descriptive one by means of studying and processing data obtained from PD BPR BKK GROGOL. Techniques of collecting data used were interview for obtaining data and information the history and development of BPR and loan marketing strategy in order to improve the work capital loan in PD BPR BKK GROGOL Sukoharjo. This study addressed the problems concerning marketing strategy used in marketing work capital loan, main target of PD BPR BKK GROGOL, loan marketing, and the limitation the bank encountered in marketing loan.
The strategy used PD BPR BKK GROGOL at this time for working capital credit markets still rely on database systems and personal selling (Sales individual) with the technique of mouth and door to door. The main target in marketing working capital loans, namely to MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) and farmers. Disadvantages faced PD BPR BKK GROGOL today is the lack of human resources and inter-banking persainagn very tight.
The conclusion of this study is the strategy used PD BPR BKK GROGOL in credit markets to raise working capital is to rely on database systems and personal selling (individual sales) with the technique of mouth and door to door. The main target of PD BPR BKK GROGOL in marketing working capital loan is for SMEs and Farmers. Disadvantages faced PD BPR BKK GROGOL at this point in the credit market, especially in the working capital loan is the lack of human resources to market a product of banking, one of them in marketing their working capital and competition among banks is very tight

×
Penulis Utama : Herry Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3613032
Tahun : 2016
Judul : Strategi pemasaran bank untuk meningkatkan kredit modal kerja pada PD BPR BKK Grogol
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2016
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Prog. D III Keuangan dan Perbankan-F3613032-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. BRM. Bambang Irawan, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.