Penulis Utama : Muflicha Maulidina Hidayah
NIM / NIP : K7412117
×

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta pada mata pelajaran akuntansi melalui penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) berbantu media permainan Akuntanopoli (Akuntansi-Monopoli) tahun 2016.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Objek penelitian ini adalah metode TGT berbantu media akuntanopoli, motivasi belajar, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Angket dan observasi untuk mengetahui motivasi belajar, tes untuk mengetahui hasil belajar, dan dokumentasi digunakan untuk mencatat data hasil belajar siswa sebelum dilakukan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan validitas isi untuk pengujian instrumen dan teknik triangulasi untuk validitas data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis secara sistematik dan terstruktur, data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistik deskriptif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Teams Games Tournament berbantu media permainan akuntanopoli dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Pada pratindakan, rata-rata nilai persentase capaian indikator motivasi belajar siswa dari hasil angket sebesar 45,52% dan dari hasil observasi siswa sebesar 42,23%, sedangkan jumlah siswa yang mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan sebesar 3 siswa (8,11%). Setelah dilakukan tindakan, rata-rata nilai
Persentase capaian indikator motivasi belajar dari hasil angket menjadi 62,89% pada siklus I dan 82,48% pada siklus II. Rata-rata nilai motivasi belajar dari hasil observasi siswa menjadi 64,42% pada siklus I dan 86,04% pada siklus II. Jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan menjadi 24 siswa (64,86%) dan 33 siswa (89,19%) pada siklus II.
Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Teams Games Tournament berbantu media permainan akuntanopoli dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, hal ini ditunjukkan dari peningkatan hasil penelitian pada tiap siklusnya.
Kata kunci: Motivasi belajar, hasil belajar, metode Teams Games Tournament, media permainan Akuntanopoli, pembelajaran akuntansi.

 

×
Penulis Utama : Muflicha Maulidina Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412117
Tahun : 2016
Judul : Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode teams games tournament berbantu media permainan akuntanopoli pada pembelajaran akuntansi di sma Muhammadiyah 1 Surakarta tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412117-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santosa, M.Pd
2. Dini Octoria, S. Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.