Penulis Utama : Ikhwan Muttaqin
NIM / NIP : M0509034
×

ABSTRAK

Laptop sudah sangat familiar dikalangan pelajar, mahasiswa dan para pebisnis. Banyaknya merk, harga, spesifikasi dan tampilan di pasaran membuat pengguna menjadi kesulitan dalam menentukan pilihan. Kesulitan ini dapat diselesaikan dengan cara membangun sistem yang membantu dalam pengambilan keputusan pemilihan laptop dengan AHP sebagai metode perhitungannya, sehingga memudahkan pengguna untuk menentukan pilihan laptop sesuai kebutuhannya. Metode AHP dipilih karena dinilai lebih tepat mewakili perspektif pengguna.

Tahapan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, analisa penerapan metode AHPdalam Proses sistem pendukung keputusan pemilihan laptop, implementasi dan pengujian sistem. Pada penelitian ini berhasil dibangun sistem pendukung keputusan yang menghasilkan alternatif laptop bagi user.

Hasil pengujian Black Boxuntuk memastikan sistem dapat berfungsi dengan baik, uji White Boxuntuk memastikan aplikasi android dapat melakukan perhitungan AHPdengan benarserta uji Field Trialmenggunakan skala likertuntuk memberikan nilai kepuasan pengguna. Uji Field Trialdilakukan oleh 30 user, yang hasilnya adalah 79,3% berpendapat aplikasi mudah digunakan, 81,3% berpandangan aplikasi dapat menampilkan informasi yang dibutuhkan dan 78,6% berpandangan aplikasi dapat memproses data menjadi informasi dengan cepat.

Kata kunci : Analytical Hierarchy Process (AHP), Android, Sistem Pendukung Keputusan

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; mso-bidi-font-size:11.0pt; font-family:"Times New Roman","serif"; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style>

×
Penulis Utama : Ikhwan Muttaqin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0509034
Tahun : 2016
Judul : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2016
Program Studi : S-1 Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. MIPA Jur. Teknik Informatika - M0509034 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sari Widya Sihwi, S.Kom, M.Ti.
2. Ristu Saptono, S.Si, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.