Penulis Utama : Imarotus Suaidah
NIM / NIP : S991402025
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran langsung 2) Untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. 3) Untuk menganalisis pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran langsung pada mata kuliah akuntansi biaya.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah 56 mahasiswa yang terdiri dari kelas A sebanyak 27 mahasiswa sedangkan kelas B sebanyak 29 mahasiswa, sampel yang digunakan sebanyak 56 mahasiswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan penelitian populasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji t independent samples. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas metode liliefors dan uji homogenitas menggunakan levene’s test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung. 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung. 3) model pembelajaran inkuiri efektif sama dengan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar, sedangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran inkuiri lebih efektif dari model pembelajaran langsung.


Kata kunci : model pembelajaran inkuiri, hasil belajar, kemampuan berpikir kritis mahasiswa

×
Penulis Utama : Imarotus Suaidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991402025
Tahun : 2016
Judul : Keefektivan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Jur. Pendidikan Ekonomi - S991402025 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asri Laksmi R, M.S
2. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.