Penulis Utama : Aji Pribadi G
NIM / NIP : D0310006
×

Seiring kemajuan zaman, beragam kesenian tradisional kini mulai tergeser keberadaannya oleh kesenian modern, sehingga kesenian tradisional mulai berkurang eksistensinya dan kurang dilirik oleh generasi muda, yang seharusnya melestarikan kebudayaan nenek moyangnya. Dengan adanya berbagai macam pengaruh, seperti masuknya musik-musik modern seperti musik Rock, Jazz dan Pop, maka para seniman keroncong harus melakukan pelestarian agar musik keroncong tetap bertahan. Maka penelitian ini pertujuan untuk mendeskripsikan peran komunitas keroncong dalam melestarikan musik keroncong di kota Solo.
Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Aksi dan teori AGIL dari Talcott Parson. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan  studi deskriptif Kualitatif. Studi Deskriptif kualitatif  dipilih karena biasa digunakan untuk meneliti fenomena kontemporer dalam kehidupan nyata, serta memiliki batasan yang jelas. Proses pengumpulan data dengan menggunakan beberapa teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan model analisa interaktif, yaitu terdiri dari tiga komponen utama, diantaranya adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penulis menggunakan teknik pengambilan sampel Snowball Sampling. Informasi dalam penelitian ini berasal dari Ketua Komunitas keroncong Purwanada, Kalimaya, Bali Nada dan HAMKRI Surakarta, serta beberapa anggota komunitas tersebut.
Usaha pelestarian musik keroncong di Kota Solo yang dilakukan oleh Komunitas keroncong sudah dapat dibilang berhasil. Hal ini diperoleh dari wawancara dengan HAMKRI Surkarta serta dicocokan dengan Komunitas Keroncong. Peran tersebut berupa aksi kegiatan yang dilakukan serta pergelaran-pergelaran musik keroncong yang diadakan HAMKRI maupun pihak lain. Kontribusi komunitas dalam pelestarian musik keroncong dinilai sudah optimal dalam pelaksanaannya, seperti adanya Pergelaran Keroncong Joglo Sriwedari, Solo Keroncong Festival, Keroncong Cakrawala RRI, Latihan secara koletif yang dilakukan Komunitas Keroncong Kalimaya dan HAMKRI Surakarta. Komunitas Keroncong tentunya membawa dampak yang Positif seperti meningkatnya kesadaran masyarakat Kota Solo akan pentingnya melestarikan budaya Indonesia.
Kata Kunci : Peran, Komunitas Keroncong, Pelestarian, Musik Keroncong

 

×
Penulis Utama : Aji Pribadi G
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0310006
Tahun : 2016
Judul : Peran komunitas keroncong dan hamkri surakarta dalam pelestarian musik keroncong di kota Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D.0310006-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Akhmad Ramdhon, S.Sos.,M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.