Penulis Utama : Kurniawan Wijayanto
NIM / NIP : I8613019
×

Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah merancang dan membuat mesin dowel penyerut kayu silindris. Pembuatan alat ini berfungsi untuk mengefisienkan waktu dan tenaga agar mempermudah pengrajin kayu untuk menyerut kayu berbentuk silindris.
Tahap perancangan dimulai dengan melihat alat penyerut kayu yang sudah ada di pasaran. Tahap selanjutnya adalah perencanaan yaitu meliputi, perancangan gambar dan perhitungan untuk menentukan komponen yang akan dipergunakan Adapun komponen-komponen mesin dowel ini adalah rangka, pully, poros, pisau pemotong, pillow block, sabuk V, Mur dan baut.
Hasil perancangan Mesin dowel ini memiliki spesifikasi Kayu untuk diserut dengan 10 mm sampai 18 mm dengan panjang maksimal 150 cm. Menggunakan penggerak motor listrik 1/2 HP dengan poros 25 mm. Alat penyerut ini dapat menyerut kayu menjadi silindris dengan panjang 100 cm secara merata dalam waktu 1 menit. Poros yang di gunakan mengunakan bahan ST 37.
Kata kunci : Poros, pulley,Penyerut kayu

 

×
Penulis Utama : Kurniawan Wijayanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8613019
Tahun : 2016
Judul : Rancang bangun mesin dowel untuk pembuatan kayu silinder dengan diameter 10 sampai 20 mm untuk industri gagang sapu dan sangkar burung
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Mesin Otomotif-I.8613019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Purwadi Joko Widodo, S.T, M.kom
2. Dr. Samsul Hadi, S.T.,M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.