Penulis Utama : Riza Rahma Pratiwi
NIM / NIP : K7412150
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun 2016 pada mata pelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu pohon pintar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu pohon pintar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun 2016. Peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 20,22%, kondisi awal 46,88% meningkat menjadi 67,10%, Peningkatan keaktifan belajar pada siklus II sebesar 37,23% dari kondisi awal 34,5% meningkat menjadi 84,11%. Persentase keaktifan belajar siswa dalam kategori aktif dan sangat aktif pada siklus II telah mencapai persentase indikator kinerja penelitian yaitu sebesar 88,89%.
Implikasi penelitian ini adalah secara teoritis model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu pohon pintar merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Secara praktis hasil penelitian ini dapat diterapkan pada pembelajararn Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK Negeri 1 Sukoharjo, namun hasil penelitian ini mungkin bisa saja berbeda dengan penelitian lainnya
Kata Kunci: Keaktifan belajar siswa, Teams Games Tournament (TGT), Pohon Pintar.

 

×
Penulis Utama : Riza Rahma Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412150
Tahun : 2016
Judul : Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantu pohon pintar pada smk negeri 1 Sukoharjo tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412150-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Witurachmi, MM
2. Jaryanto,S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.