Penulis Utama : Syarfi Diniarti
NIM / NIP : D1214073
×

Persepsi merupakan pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan dan menafsirkan pesan. Persepsi yang ingin penulis teliti dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran responden tentang komunikasi kelompok yang diterapkan di kelas bimbingan seks di SMP Negeri 3 Surakarta sehingga mampu membentuk sikap atau cara pandang mereka dalam menyikapi fenomena penyimpangan seks yang ada.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metodelogi penelitian kuantitatif guna mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang komunikasi kelompok Bimbingan Klasikal Seks dengan sikap terhadap seks. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel independen (komunikasi kelompok dalam Bimbingan Klasikal Seks) dan variabel dependen (sikap terhadap seks). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Surakarta yang berjumlah 280 siswa. Dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling atau pemilihan responden dengan menggunakan sistem acak, ditemukan sampel yang akan menjadi responden sebanyak 165 siswa. Analisa penelitianpun dibagi menjadi dua, yaitu analisa untuk anak laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data adalah melakukan wawancara dengan menggunakan media kuesioner. Data dalam penelitian ini berskala ordinal, dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman.
Berdasarkan hasil pengolahan data dengan SPSS 17.0 terhadap variabel independen dengan variabel dependen pada siswa perempuan dan laki-laki, menunjukkan bahwa siswa laki-laki lebih antusias dalam mengikuti kelas bimbingan seks dan lebih terbuka dalam menanggapi fenomena penyimpangan seks dibandingkan dengan siswa perempuan.
Kata Kunci: Persepsi, penyimpangan seks, sikap siswa, dan media.

 

×
Penulis Utama : Syarfi Diniarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214073
Tahun : 2016
Judul : Komunikasi kelompok dalam bimbingan klasikal seks dan sikap terhadap seks (Studi Korelasi antara Persepsi Siswa tentang Bimbingan Klasikal Seks dengan Sikap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta terhadap Fenomena Penyimpangan Seksual)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1214073-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hamid Arifin, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.