Penulis Utama : Bagus Sutrisno
NIM / NIP : K7112045
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dalam pningkaan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016, (2) meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016, khususnya materi tentang pesawat sederhana melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dari penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada tiap pertemuan, peneliti menggunakan prosedur penelitian model spiral yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tunjungseto. Sumber data yang digunakan yaitu guru, siswa, observer, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan media konkret dalam peningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016 terdiri dari tujuh langkah, yaitu: (a) guru memberikan penjelasan dengan media konkret, kemudian guru memberikan permasalahan dan siswa memecahkan permasalahan tersebut, (b) guru membagi siswa menjadi kelompok kecil untuk berdiskusi dan mengamati media konkret, (c) guru mengkondisikan siswa agar belajar secara mandiri, (d) salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain memberi tanggapan, (e) guru melakukan refleksi, kemudian membuat kesimpulan dan rangkuman bersama siswa, (f) guru menilai keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta menilai hasil belajar siswa; (2) penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal =70 pada siklus I sebanyak 73,81%, siklus II sebanyak 92,85%, dan siklus III sebanyak 100%; (3) kendala pelaksanaan yaitu kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran, kurangnya rasa percaya diri siswa saat
melakukan presentasi dan solusi terhadap kendala tersebut adalah guru lebih memotivsi siswa agar aktif selama pembelajaran, guru lebih membiasakan siswa untuk berbicara di depan kelas atau melakukan presentasi.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Contexual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, media konkret, hasil belajar IPA, pesawat sederhana

 

×
Penulis Utama : Bagus Sutrisno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112045
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model contextual teaching and learning dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar ipa tentang pesawat sederhana pada siswa kelas v sdn tunjungseto tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112045-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M.Pd
2. Drs. Ngatman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.