Penulis Utama : Chintya Musdalifah
NIM / NIP : R1115018
×

Latar Belakang. Senam otak digunakan untuk mengaktifkan Brain Derived Neurotrophic Factor, meningkatkan sinapsin I, Growth-Asscociated Protein 43, dan Cyclic AMP Response Element-Binding Protein pada otak yang berperan dalam proses berpikir, konsentrasi, dan fokus sehingga hasil belajar meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada pokok bahasan konsep gender mata kuliah Kesehatan Reproduksi dan KB.
Metode. Eksperimen kuasi dengan pendekatan pretest posttest control group design. Teknik sampling menggunakan total sampling. Besar sampel adalah 13 mahasiswa kelompok eksperimen dan 13 mahasiswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif. Analisis data menggunakan uji statistik independent t-test dan paired samples t-test dengan bantuan SPSS 18.00.
Hasil. Hasil belajar kedua kelompok sebelum menerima pengalaman belajar dan stimulasi senam otak memiliki rerata yang sama sebesar 57.23. Hasil belajar kelompok eksperimen yang diberikan stimulasi senam otak lebih tinggi daripada hasil belajar kelompok kontrol dengan selisih 8.31. Hasil uji statistik independent t-test diperoleh nilai signifikansi p<0.05 yang menunjukkan terdapat pengaruh senam otak terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada pokok bahasan konsep gender mata kuliah kesehatan reproduksi dan kb.
Kesimpulan. Terdapat pengaruh senam otak terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada pokok bahasan konsep gender mata kuliah Kesehatan Reproduksi dan KB.
Kata kunci. Senam Otak, Hasil Belajar

 

×
Penulis Utama : Chintya Musdalifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115018
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh senam otak terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada pokok bahasan konsep gender mata kuliah kesehatan reproduksi dan kb
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1115018-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erindra Budi C., S.Kep. Ns , M.Kes
2. Angesti Nugraheni., S.ST, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.