Penulis Utama : Dia P 2016
NIM / NIP : R1115026
×

Latar Belakang: Perawatan tali pusat adalah perbuatan merawat atau memelihara pada tali pusat bayi setelah tali pusat dipotong sampai sebelum lepas. Salah satu penyebab infeksi yang terjadi pada bayi ialah tetanus neonatorum. Penyakit ini menginfeksi bayi baru lahir yang salah satunya disebabkan oleh teknik perawatan tali pusat yang salah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan mengetahui perbedaan perawatan tali pusat terbuka dan kasa kering dengan lama pelepasan tali pusat pada bayi baru lahir.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan Cohort. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Besar sampel 80 responden yaitu pada kelompok kontrol sebanyak 40 responden dan 40 responden pada kelompok kasus yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan rekam medik responden. Teknik analisis data menggunakan Chi-Square.

Hasil: Responden yang dirawat dengan kasa kering dengan jumlah 40 responden terdapat 31 responden (77.5%) dengan lama pelepasan tali pusat 1-7 hari dan 9 responden (22.5%) dengan lama pelepasan tali pusat >7 hari. Responden yang dirawat dengan perawatan terbuka dengan jumlah 40 responden terdapat 38 responden (95%) dengan lama pelepasan tali pusatnya berkisar antara 1-7 hari dan 2 responden (5%) dengan lama pelepasan tali pusat >7 hari. ?value (0.023) < a (0.05) maka H0 ditolak atau Ha diterima. 

Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara perawatan tali pusat terbuka dan kasa kering dengan lama pelepasan tali pusat pada bayi baru lahir.

Kata Kunci        : perawatan terbuka, kasa kering, tali pusat

×
Penulis Utama : Dia P 2016
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115026
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan perawatan tali pusat terbuka dan kasa kering dengan lama pelepasan tali pusat pada bayi baru lahir
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1115026-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Fadhilah Tia Nur, Sp.A., M.Kes
2. Erindra Budi C, S.Kep., Ns., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.