Penulis Utama : Edy Ngatmanto
NIM / NIP : T840208002
×

Perbedaan motivasi berprestasi siswa dan pemilihan model pembelajaran guru dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran sastra yang pada gilirannya dapat menentukasn kemampuan mengapresiasi cerita pendek siswa. Berdasarkan hal itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) menemukan perbedaan kemampuan mengapresiasi cerita pendek antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran peta konsep (mind mapping), sinektik, dan group investigation; (2) menemukan perbedaan kemampuan mengapresiasi cerita pendek antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memilki motivasi berprestasi rendah; (3) menemukan interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi kemampuan mengaapresiasi cerita pendek.
Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian faktorial 3 X 2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur motivasi berprestasi siswa, tes untuk mengukur kemampuan mengapresiasi cerpen. Uji validitas meliputi validitas isi, validitas muka, dan uji empiris.  Uji empiris untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Uji normalitas menggunakan metode Bartlette dan uji homogenitas menggunakan metode Lilliefors. Analisis data menggunakan Anava dua faktor dengan program komputer SPSS.  
Dari analisis inferensial diperoleh simpulan: (1) ada perbedaan efek antara model pembelajaran peta konsep (mind mapping), sinektik, dan group investigation terhadap kemampuan mengapresiasi cerita pendek; (2) ada perbedaan efek antara motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap kemampuan mengapresiasi cerita pendek; (3) ada interaksi antara motivasi berprestasi dan model pembelajaran terhadap kemampuan mengapresiasi cerita pendek. Perbandingan antara sel A3-B1 dengan A3-B2,  A1-B2 dengan A3-B2, A2-B2 dengan A3-B2, ada perbedaan. Perbandingan antara sel A1-B1 dengan A1-B2, A2-B1 dengan A2-B2, A1-B1 dengan A2-B1, A1-B1 dengan A3-B1, A2-B1 dengan A3-B1, A1-B2 dengan A2-B2, tidak ada perbedaan. 

Kata Kunci: Perbedaan, Peta Konsep, Sinektik,  Group Investigation, Motivasi Berprestasi, dan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek

×
Penulis Utama : Edy Ngatmanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T840208002
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh model pembelajaran peta konsep, sinektik, dan group investigation terhadap kemampuan mengapresiasi cerita pendek ditinjau dari motivasi berprestasi (eksperimen di sma negeri daerah Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-T.840208002-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
3. Dr. E. Nugraheni Ekowardani, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.