Penulis Utama : Galang Eka Permana
NIM / NIP : I8613014
×

Laporan proyek akhir ini berisi tentang proses perancangan dan pembuatan mesin pengayak pasir. Tujuan dari proyek akhir ini yaitu untuk merancang, membuat dan menguji mesin pengayak pasir yang lebih cepat dalam proses produksi dan aman dalam pengoperasian.
Berdasarkan hasil perancangan Mesin Pengayak Pasir, urutan pembuatannya yaitu : pembuatan rangka, pembuatan pengayak, pembuatan puli penggerak, pembuatan pin penggerak, proses pendempulan, pewarnaan dasar, proses pengecatan dan proses perakitan. Kapasitas mesin pengayak pasir ini adalah ± 900 kg/jam
Hasil perancangan sistem transmisi Mesin Pengayak Pasir ini menggunakan daya 0,5 HP dengan menggunakan puli motor Ø63,5 mm yang akan direduksi puli ganda dengan diameter masing-masing Ø177,8 mm dan Ø76,2 mm. Untuk mengurangi kecepatan putar dari puli Ø76,2 direduksi kecepatn putarnya ke puli Ø203,2 mm. Mesin Pengayak pasir ini menggunakan sabuk v tipe A dengan panjang sabuk 36 inchi dari puli Ø63,5 mm ke Ø177,8 mm dan panjang sabuk 48 inchi. Mesin pengayak pasir ini menggunakan poros dengan Ø20 mm dan pasak dengan lebar 8 mm, tebal 7 mm dan panjang 30 mm. Hasil akhir dari proses pengayakan pasir adalah pasir halus yang siap untuk digunakan untuk proses selanjutnya.
Kata kunci : mesin pengayak pasir, pasir halus, sistem transmisi, pengayak.

 

 

×
Penulis Utama : Galang Eka Permana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8613014
Tahun : 2016
Judul : Mesin pengayak pasir (sistem transmisi )
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Mesin-I.8613014-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heru Sukanto, S.T.,M.T
2. Dr. Joko Triyono, S.T.,M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.