Penulis Utama : Kartika Sari
NIM / NIP : F0312071
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pengungkapan sosial pada perusahaan perhotelan di Asia Tenggara, serta untuk mengetahui pengaruh corporate governance terhadap pengungkapan sosial. Corporate governance yang digunakan yaitu ukuran Dewan Komisaris, proporsi Komisaris Independen, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional. Pengungkapan sosial oleh perusahaan diukur menggunakan GRI 3.1.
Populasi dalam penelitian ini adalah data sekunder dari laporan keuangan tahun 2012-2014 perusahaan-perusahaan perhotelan yang terdaftar (listing) di Indonesia Stock Exchange (IDX), Bursa Malaysia dan The Stock Exchange of Thailand (SET). Sampel penelitian sebanyak 38 perusahaan perhotelan di Indonesia, Malaysia dan Thailand yang diambil dengan metode purposive sampling.
Sesuai dengan tujuan penelitian ini, tujuan 1 dilakukan dengan menggunakan uji ANOVA dan didapatkan hasil terdapat perbedaan pengungkapan sosial di Asia Tenggara. Tujuan 2 dilakukan dengan uji regresi linier berganda dan didapatkan hasil bahwa ukuran Dewan Komisaris, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengungkapan sosial. Variabel lain yakni proporsi komisaris indepdnedn tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sosial.
Kata kunci: corporate governance, social disclosure, ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional.

 

×
Penulis Utama : Kartika Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0312071
Tahun : 2016
Judul : Corporate governance dan social disclosure: studi komparasi perusahaan perhotelan di Asia Tenggara
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F.0312071-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com (Hons)., Ph.D., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.