Penulis Utama : Puji Dewi Anggraeni
NIM / NIP : D0112074
×

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data kualitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder. Data tersebut didapatkan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik pengambilan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball. Validitas data dilakukan dnegan triangulasi sumber dan triangulasi metode yang akan dianalisis menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsivitas Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigarasi dalam melindungi anak terlantar di LKSA Panti Rahayu Kabupaten Ngawi masih belum optimal. Hal tersebut bisa dilihat dari : a) kemampuan mengenali kebutuhan anak terlantar masih terbatas, karena masih terdapat permasaahan di dalam dinas sendiri. Selain itu masih ada kesalahan pemikiran dari LKSA. b) kemampuan menyusun agenda dan prioritas pelayanan perlindungan anak terlantar belum sesuai dengan kebutujan anak dan hanya dilakukan oleh pihak LKSA saja. c) pengembangan program perlindungan anak terlantar tidak ada. Hanya sebatas wacana saja. rekomendasi yang diberikan kepada dinas adalah dengan membuat, memberikan, dan menjelaskan job description secara rinci kepada semua bidang, terutama bidang BANSOS dan RESOS, merubah pemikiran UPT bahwa mereka itu bukan DINSOS, akan tetapi mitra untuk melindungi anak terlantar, Mengundang piahk ketiga, seperti supervisor Sakti PEKSOS Surabaya untuk memberikan penjelasan mengenai siapa saja yang bertugas dan bertanggung jawab melinudungi anak terlantar, mengadakan kerja sama dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan perlindungan anak terlantar, seperti DINKES, Dinas Pendidikan, Kepolisian, dan Kejaksaan.
Kata kunci : anak terlantar, LKSA, perlindungan, responsivitas.

 

×
Penulis Utama : Puji Dewi Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112074
Tahun : 2016
Judul : Responsivitas dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi (densos nakertrans) dalam perlindungan anak terlantar di lembaga kesejahteraan sosial anak (lksa) panti rahayu Kabupaten Ngawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Administrasi Negara-D.0112074-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hj. Lestariningsih, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.