Penulis Utama : Yunita Dwiningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R.1115092
Tahun : 2016
Judul : Hubungan status gizi dan kejadian premenstrual syndrome pada mahasiswi prodi diii kebidanan fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1115092-2016
Subyek : STATUS GIZI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Keadaan gizi berpengaruh terhadap status gizi seseorang. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kerja dalam tubuh, salah satunya adalah gangguan metabolisme. Gangguan metabolisme dan gaya hidup yang tidak sehat (terutama faktor nutrisi) turut berperan dalam menyebabkan PMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan kejadian premenstrual syndrome pada mahasiswi Prodi D3 Kebidanan FK UNS.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Prodi D3 Kebidanan FK UNS Surakarta pada tanggal 25 April 2016 sampai dengan 23 Mei 2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dengan 151 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen penelitian yaitu menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Lambda.
Hasil: Uji statistik menggunakan sistem komputerisasi dengan menggunakan uji lambda pada tingkat kemaknaan 95% (a = 0,05). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kekuatan korelasi r = 0,303; p=0,047. Hal ini berarti bahwa ada hubungan positif yang bermakna dengan kekuatan lemah antara status gizi dan premenstrual syndrome pada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan FK UNS.
Simpulan: Remaja yang memiliki status gizi diatas normal memiliki kecenderungan untuk terjadi premenstrual syndrome.
Kata kunci: Status Gizi, Premenstrual syndrome, Remaja

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
IMG_0005.jpg
NASKAH PUBLIKASI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mujahidatul M, S.Kep. Ns., M.Si., Med
2. Ika Sumiyarsi S, S.SiT., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran