Penulis Utama : Noni Carolina Putri
NIM / NIP : R0013078
×

Latar Belakang       :     Salah satu upaya perlindungan Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) terhadap tenaga kerja di rumah sakit dengan cara memberikan Alat Pelindung Diri (APD) yang merupakan upaya terakhir apabila upaya rekayasa (engineering) dan cara kerja yang aman (work practice) telah maksimum dilakukan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan alat pelindung diri yang benar di Central Sterile Supply Department (CSSD) Rumah Sakit Daerah Dr. Moewardi.

Metode       :      Penelitian ini dilaksanakan di Central Sterile Supply Department (CSSD) RSUD Dr. Moewardi dengan menggunakan metode deskriptif yaitu memberi gambaran tentang penerapan alat pelindung diri. Pengambilan data dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara kepada tenaga kerja serta studi kepustakaan.

Hasil       :    RSUD Dr. Moewardi telah melakukan inspeksi, membuat Standar Prosedur Operasional, menyediakan dan mewajibkan tenaga kerja memakai APD sesuai dengan jenis dan tingkat potensi bahaya pada pekerjaan yang dilakukan, namun masih ada tenaga kerja yang tidak memakai APD, belum membuat rambu-rambu tertulis kewajiban APD.

Simpulan     :     Penerapan alat pelindung diri (APD) di Central Sterile Supply Department (CSSD) sudah berjalan dengan baik dan APD yang digunakan sudah sesuai dengan tingkat dan potensi bahaya. Saran yang diberikan adalah supaya rumah sakit memberikan rambu-rambu kewajiban pemakaian APD secara tertulis dan melakukan pengawasan kedisiplinan tenaga kerja serta evaluasi dalam pemakaian APD.

 

Kata kunci     :    Penerapan Alat Pelindung Diri

<!--[if !supportLists]-->1.   <!--[endif]-->Program Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret.

<!--[if !supportLists]-->2.   <!--[endif]-->Dosen Program Diploma III Hiperkes dan Keselamatan kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret.

×
Penulis Utama : Noni Carolina Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0013078
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Alat Pelindung Diri Sebagai Upaya Perlindungan Tenaga Kerja di Central Sterile Supply Department (Cssd) Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Prog.DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R.0013078-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reni Wijayanti,dr.,M.Sc,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.