Penulis Utama : Andini Setyo Anggraeni
NIM / NIP : K1312007
×

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match bagi siswa kelas VII B SMPN 14 Surakarta, 2) Untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar matematika pada kompetensi segitiga dan segiempat bagi siswa kelas VII B SMPN 14 Surakarta melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 14 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 29 siswa. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data adalah dengan teknik statistik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data tentang keaktifan siswa dan pelaksanaan pembelajaran dengan model Make a match melalui observasi, data tentang hasil belajar siswa melalui tes, dan data berupa gambar dan video pelaksanaan pembelajaran melalui dokumentasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah: 1) Rata-rata persentase keaktifan belajar kelas meningkat minimal menjadi 75% dan rata-rata persentase keaktifan belajar tiap siswa meningkat minimal menjadi 60%, 2) Rata-rata hasil belajar siswa meningkat minimal menjadi 80, dan minimal 75% siswa memperoleh hasil belajar =72.
Pada pra-siklus, diperoleh hasil yaitu rata-rata persentase keaktifan siswa adalah 50,19% dan terdapat 10 siswa dengan persentase rata-rata keaktifan =60%, sedangkan untuk hasil belajar siswa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 59,1 dan terdapat sebanyak 24,14% siswa yang memperoleh hasil belajar =72. Setelah adanya tindakan pada siklus I, diperoleh hasil yaitu rata-rata persentase keaktifan siswa mencapai 59,00% dan terdapat 11 siswa dengan persentase rata-rata keaktifan =60%, sedangkan untuk hasil belajar siswa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,45 dan terdapat sebanyak 51,72% siswa yang memperoleh hasil belajar =72. Karena hasil tersebut belum mencapai indikator yang telah ditentukan, maka dilanjutkan ke siklus kedua. Pada siklus kedua, diperoleh hasil yaitu rata-rata
persentase keaktifan siswa mencapai 78,54% dan terdapat 29 siswa dengan persentase rata-rata keaktifan =60%, sedangkan untuk hasil belajar siswa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,34 dan terdapat 89,66% siswa yang memperoleh hasil belajar =72. Karena semua indikator telah terpenuhi maka penelitian berhenti pada siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa.
KATA KUNCI: make a match, keaktifan belajar siswa, hasil belajar.

 

×
Penulis Utama : Andini Setyo Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1312007
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kompetensi segitiga dan segiempat bagi siswa kelas vii b smpn 14 Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-K.1312007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Getut Pramesti, S.Si, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.