Penulis Utama : Elisa Goretti Sinaga
NIM / NIP : R1115034
×

Latar Belakang: Perdarahan pasca persalinan merupakan penyebab utama dari 150.000 kematian ibu setiap tahun di dunia. Salah satu cara untuk menurunkan perdarahan pasca persalinan yaitu dengan melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) yang akan membantu mengecilkan rahim ibu (involusi uterus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dengan involusi uterus pada ibu post partum normal di BPM Sri Lumintu.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain survei analitik dengan pendekatan cohort.  Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Besar sampel adalah 48 ibu post partum yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan rekam medik responden. Teknik analisis data menggunakan Spearman.

Hasil: Rata-rata waktu yang diperoleh bayi responden untuk berhasil melakukan IMD adalah 59.92 menit, dan hasil pengukuran TFU setelah plasenta lahir mempunyai nilai rata-rata sebesar 13.5 cm dan 6 hari post partum sebesar 5.35 cm. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh p-value 0.000.

Simpulan: Terdapat hubungan antara Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dengan involusi uterus pada ibu post partum normal di BPM Sri Lumintu Surakarta.


Kata Kunci    : Inisiasi menyusu dini, Involusi uterus , Post partum

×
Penulis Utama : Elisa Goretti Sinaga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115034
Tahun : 2016
Judul : Hubungan inisiasi menyusu dini (imd) dengan involusi uterus pada ibu post partum normal di bpm sri lumintu Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1115034-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Eka N, S.ST, M.Kes
2. M. Nur Dewi, S.ST, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.