Penulis Utama : Hendrawan Wicaksono
NIM / NIP : I8113017
×

Mesin pembuat stik dan keripik merupakan mesin pemotong ubi-ubian yang didesain khusus sehingga mampu bekerja secara semi otomatis dan terus menerus. Tujuan dibuatnya mesin ini dikarenakan banyaknya industri rumah tangga kelas menengah yang terkendala pada proses produksi. Di pasaran, alat yang digunakan untuk pemotong ubi sendiri mempunyai kapasitas produksi 40kg/jam, sehingga diperlukan tambahan alat dan pekerja. Maka dari itu dibutuhkannya mesin yang lebih efektif dan efisien untuk proses pemotongan tersebut.
Mesin pembuat stik dan keripik ini mempunyai sistem kerja ganda, yaitu mampu bekerja secara semi otomatis sehingga mampu melakukan pemotongan stik dan keripik secara bersamaan hanya dengan satu operator mesin. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada proses produksi yang lebih cepat dengan hasil yang lebih seragam.
Data hasil analisis menunjukan desain rangka yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun hasil tersebut meliputi dimensi mesin yaitu 85cm x 50cm x 70cm dan berbahan besi yang dilapisi dengan cat sehingga mengurangi potensi karat yang akan terjadi. Mesin ini dilengkapi dengan 2 pasang pisau yang mana mampu memproduksi kripik hingga 75kg/jam pada tiap pisaunya.
Kata Kunci: stik dan keripik, rangka, produksi.

 

×
Penulis Utama : Hendrawan Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8113017
Tahun : 2016
Judul : Analisa kekuatan rangka mesin pembuat stik dan keripik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Kimia-I.8113017-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Joko Triyono, S.T., M.T
2. D. Danardono D.P.T., S.T., M.T., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.