Penulis Utama : Kristanto Mukti Sadewo
NIM / NIP : K4612087
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Menggunakan Metode Pembelajaran Learning Cycle Pada Siswa Kelas X C SMA Negeri 1 Tangen Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X C SMA Negeri 1 Tangen Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 Siswa yang terdiri dari 8 siswa putera dan 16 siswa puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar Passing bawah bolavoli dari prasiklus ke siklus I. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar Passing bawah bolavoli pada prasiklus dari 24 siswa mencapai 41,67% atau sebanyak 10 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus I meningkat mencapai 83,33% atau 20 siswa telah mencapai kriteria tuntas dengan KKM 75.
Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar Passing bawah bolavoli pada siswa kelas X C SMA Negeri 1 Tangen Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli, Metode Pembelajaran, Learning Cycle.

 

×
Penulis Utama : Kristanto Mukti Sadewo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612087
Tahun : 2016
Judul : Upaya peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli menggunakan metode pembelajaran learning cycle pada siswa kelas x c sma negeri i Tangen Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi-K.4612087-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Waluyo, S.Pd., M. Or
2. Rony Syaifullah, S. Pd., M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.