Penulis Utama : Fathur Rohimah
NIM / NIP : R1115039
×

Latar Belakang: Stres yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi individu yang mengalaminya. Self efficacy dimungkinkan sebagai salah satu faktor yang memengaruhi tingkat stres pada mahasiswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat self efficacy dan stres serta pengaruh self efficacy terhadap tingkat stres tugas akhir mahasiswa D IV Bidan Pendidik UNS.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasi analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan random sampling. Besar Sampel adalah 53 mahasiswa yang memenuhi kriteria restriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self efficacy dan stres. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Sommers’D.
Hasil: Tingkat self efficacy pada kategori rendah adalah 64% dan tingkat stres  pada kategori sedang adalah 58%. Koefisien korelasi menunjukkan kekuatan sedang (r = -0.427; p = 0.002) dan terdapat pengaruh negatif antara self efficacy dan tingkat stres tugas akhir mahasiswa D IV Bidan Pendidik UNS dengan sumbangan efektif self efficacy terhadap stres adalah 18,2%.
Simpulan: Terdapat pengaruh self efficacy yang bermakna terhadap tingkat stres tugas akhir mahasiswa D IV Bidan Pendidik UNS.

Kata Kunci        : self efficacy, stres

×
Penulis Utama : Fathur Rohimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115039
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh self efficacy terhadap tingkat stres tugas akhir mahasiswa d iv bidan pendidik Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1115039-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Psi.
2. Sri Mulyani, S.Kep. Ns., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.