Penulis Utama : Muhammad Amri Fauzi
NIM / NIP : K7111532
×

Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan teknik TPS dengan media visual dalam peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas III SDN 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2014/2015, 2) meningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama pada siswa kelas III SDN 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2014/2015, 3) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penggunaan langkah-langkah TPS dengan media visual dalam peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas III SDN 3 Tamanwinangun.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data berasal dari informan yaitu siswa dan guru; tempat berlangsungnya aktivitas pembelajaran; dokumen atau arsip yaitu RPP, dan hasil penilaian siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes keterampilan berbicara bahasa Jawa krama.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah penggunaan teknik TPS dengan media visual dalam peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama yaitu: a) pengarahan siswa aktif mengikuti pembelajaran; b) penjelasan materi melengkapi percakapan dengan bantuan media visual gambar (think); c) berfikir berpasangan (pair); d) berbagi hasil (share); e) pelaksanaan penilaian; f) refleksi. 2) Penerapan teknik TPS dengan media visual dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, ditandai dengan meningkatnya ketuntasan klasikal tes unjuk kerja yang mencapai KKM yaitu mendapat nilai 75 (kriteria Baik (3,0)). Ketuntasan klasikal yang dicapai pada tes penjajagan yaitu 45,45%, pada siklus I ketuntasan klasikal rata-ratanya 50%, pada siklus II meningkat menjadi 59,09%, pada siklus III menjadi 84,85%. 3) kendala yang dialami pada pembelajaran yaitu: a) guru belum menjelaskan teknik pembelajaran; b) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru; c) siswa ribut saat membentuk kelompok; d) siswa kurang aktif saat berdiskusi. Adapun solusinya yaitu: a) menjelaskan teknik pembelajaran; b) guru menjelaskan dengan bahasa ngoko alus; c) guru membimbing siswa; d) guru mengecek keaktifan siswa. Dua siswa yang belum mencapai KKM karena merupakan pindahan dari Jawa Barat dan yang selalu menggunakan bahasa Indonesia sejak kecil dikembalikan sepenuhnya kepada wali kelas.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan TPS dengan media visual yang dilaksanakan sesuai skenario dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas III SDN 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: teknik Think Pair Share, bahasa Jawa krama

 

×
Penulis Utama : Muhammad Amri Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111532
Tahun : 2016
Judul : Penerapan teknik think pair share dengan media visual dalam peningkatan keterampilan berbicara bahasa krama pada siswa kelas iii sdn 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111532-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd
2. Drs. Suripto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.