Penulis Utama : Riko Anggara
NIM / NIP : F1114033
×

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Poduk Domestik Regional Bruto (PDRB), Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), jumlah penduduk, konsumsi pemerintah dan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) terhadap pengangguran di Privinsi Jawa Timur tahun 2011-2014. Observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 38 kabupaten dan kota yang ada di Privinsi Jawa Timur tahun 2011-2014.
Metode pengumpulan data yang digunkan adalah metode data sekunder berupa publikasi PDRB, Peraturan Gubernur tentang UMK, publikasi pertumbuhan penduduk, publikasi konsumsi pemerintah dan publikasi PMTB. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda Fixed Effect untuk data panel.
Kesimpulan PDRB Propinsi Jawa Timur berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengangguran, UMK berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat pengangguran, Jumlah penduduk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran., Konsumsi pemerintah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengangguran dan PMTB berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran dan tidak signifikan, terhadap pengangguran di Privinsi Jawa Timur.
Saran Pemerintah Provinsi Jawa Timur diharapkan menciptakan pengembangan kesempatan kerja dan pemberdayaaan dan pengembangan usaha mandiri bagi para pengangguran terdidik. Penentuan UMK sepenuhnya ada ditangan pemerintah, perusahaan sebagai pihak yang melaksanakan peraturan tersebut. perlu adanya hubungan yang saling menguntungkan antar pemerintah dengan perusahaan. Jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahun harus dimanfaatkan dan kelola dengan baik, Konsumsi pemerintah perlu diarahkan untuk konsumsi yang bersifat membuka lapangan kerja baru atau belanja dalam bentuk fisik sehingga penyerapan tenaga kerja dapat dilakukan dengan lebih baik. Pembentukan modal diarahkan untuk membangun sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjadi sebagin besar kegiatan ekonomi masyarakat di Provinsi Jawa Timur.
Kata kunci : Jumlah penduduk, konsumsi pemerintah, Pengangguran, PDRB,
PMTB, UMK

×
Penulis Utama : Riko Anggara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1114033
Tahun : 2016
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengangguran di provinsi Jawa Timur tahun 2011-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F.1114033-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kresno Sarosa Pribadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.