Penulis Utama : Adi Sasongko
NIM / NIP : H1311001
×

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sektor perekonomian dan sub sektor pertanian yang menjadi sektor/sub sektor basis di Kabupaten Trenggalek, untuk menganalisis komponen pertumbuhan wilayah sub sektor pertanian, menganalisis prioritas pengembangan sub sektor pertanian, dan untuk menganalisis peranan sektor pertanian dalam perekonomian wilayah di Kabupaten Trenggalek berdasarkan angka pengganda pendapatan. Metode penelitian adalah deskriptif dengan metode analisis data Location Quotient, Shift Share, gabungan metode Location Quotient dan Shift Share, dan angka pengganda pendapatan. Data yang digunakan yaitu data Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Trenggalek dan Provinsi Jawa Timur tahun 2009-2013 Atas Dasar Harga Konstan Tahun 2000, Kabupaten Trenggalek Dalam Angka 2014, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Trenggalek Tahun 2013-2018.
Hasil Penelitian ini menunjukkan selama kurun waktu 2009-2013, sektor pertanian di Kabupaten Trenggalek merupakan sektor basis bersama dengan sektor jasa-jasa. Sub sektor yang menjadi basis adalah sub sektor tanaman bahan makanan dan sub sektor kehutanan. Tiap-tiap sub sektor pada sektor pertanian memiliki nilai PNij positif. Sub sektor yang memiliki pertumbuhan cepat yaitu sub sektor peternakan, sub sektor kehutanan dan sub sektor perikanan, sedangkan sub sektor yang memiliki daya saing yang baik yaitu sub sektor tanaman bahan makanan, sub sektor tanaman perkebunan, sub sektor peternakan, dan sub sektor perikanan. Prioritas pengembangan sub sektor pada sektor pertanian di Kabupaten Trenggalek yaitu sub sektor tanaman bahan makanan, sub sektor peternakan, sub sektor kehutanan, dan sub sektor perikanan menduduki prioritas pengembangan kedua, serta sub sektor tanaman perkebunan menduduki prioritas pengembangan ketiga. Rata-rata nilai angka pengganda pendapatan sektor pertanian sebesar 2,687, artinya setiap terjadi kenaikan pendapatan di sektor pertanian sebesar Rp 1 maka terjadi kenaikan total pendapatan daerah sebesar Rp 2,687. 

Kata kunci: Location Quotient, Shift Share, gabungan metode Location Quotient dan Shift Share, dan angka pengganda pendapatan, Kabupaten Trenggalek.

 

×
Penulis Utama : Adi Sasongko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1311001
Tahun : 2016
Judul : Analisis peran sektor pertanian terhadap perekonomian wilayah di Kabupaten Trenggalek
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2016
Program Studi : S-1 Sosial Ekonomi Pertanian Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Agribisnis-H.1311001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti, MS
2. Wiwit Rahayu, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.