Penulis Utama : Ade Wahyu
NIM / NIP : I8113001
×

Tujuan dari proyek akhir ini adalah pembuatan mesin pemipil jagung. Pembuatn mesin berfungsi untuk memisahkan tongkol jagung dan biji jagung dengan pemipilan tabung putar dengan mata berulir.
Pembuatan mesin ini dimulai dengan melakukan observasi dan pengumpulan informasi tentang apa saja yang perlu di siapkan sebagai dasar tolok ukur bidang perancangan. Tahap selanjutnya adalah perencanaan yaitu meliputi perancangan gambar dan perhitungan untuk menentukan komponen yang akan dipergunakan. Komponen utama berupa tabung pemipil yang berfungsi memipil biji jagung dari tongkol jagung dengan penggerak motor bensin. Motor bensin ini akan digunakan untuk menggerakkan poros pemipil dan poros blower. Tahap terakhir adalah pembuatan dan perakitan. Pembuatan mesin pemipil terdiri dari proses pembubutan, pengeboran, pengelasan, penekukan dan pengerolan, dengan waktu yang dibutuhkan 1645,46 menit atau 27,4 jam.
Kata kunci: pemipil, jagung

 

×
Penulis Utama : Ade Wahyu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8113001
Tahun : 2016
Judul : Rancang bangun mesin pemipil jagung dengan kapasitas produksi 7kg/menit untuk usaha kecil menengah bagian proses produksi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Mesin-I.8113001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Purwadi Joko Widodo, S.T., M.Kom
2. Heru Sukanto, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.