Penulis Utama : Aris Purwanto
NIM / NIP : I8113007
×

Dalam laporan Proyek Akhir ini membahas secara rinci tentang proses perancangan dan pembuatan mesin pemipil jagung. Sebelum dilakukan perancangan mesin pemipil jagung, terlebih dahulu dilakukan observasi dan pengumpulan informasi tentang apa saja yang perlu disiapkan sebagai dasar tolak ukur bidang perancangan.
Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah untuk merancang dan membuat alat uji mesin pemipil jagung yang digunakan untuk mempermudah petani jagung dalam proses pasca panen setelah proses pengeringan biji jagung. Mesin pemipil jagung memiliki komponen utama berupa tabung pemipil yang berfungsi memipil biji jagung dari tongkol, motor yang digunakan adalah motor bensin ini nantinya digunakan sebagai penggerak bagian pemipil dan penggerak blower.
Hasil proyek akhir ini adalah dari perhitungan diperoleh motor penggerak 3,5 HP dengan putaran mesin 1600 rpm. Panjang sabuk pemipil 1255 mm dan hasil perhitungan sabuk blower 1051 mm dengan tipe A .
Kata kunci : jagung , pemipil

 

×
Penulis Utama : Aris Purwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8113007
Tahun : 2016
Judul : Rancang bangun mesin pemipil jagung dengan kapasitas produksi 7kg / menit untuk usaha kecil menengah (sistem transmisi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Mesin-I.8113007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Purwadi Joko Widodo, S.T., M.Kom
2. Heru Sukanto, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.