Penulis Utama : Endar Sulistyowati
NIM / NIP : S991408004
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi; 2) pengaruh antara siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi; dan 3) interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan rancangan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMPN se-Kabupaten Karanganyar. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa meliputi 32 siswa kelas VIII di SMPN 5 Karanganyar sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas VIII di SMPN 2 Jaten sebagai kelas kontrol. Hasil uji coba tes prestasi belajar dianalisis dengan uji validitas isi, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan konsistensi internal. Uji validitas tiap butir soal tes digunakan dengan teknik korelasi Product Moment dari Kark-Pearson pada taraf sig 5%. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Dengan bantuan SPSS 22 angka koefisien reliabilitas sebesar 0,7. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan metode Lilliefors-Kolmogrov Smirnov dan hasilnya seluruh kelompok data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Levene dan hasilnya seluruh kelompok data variansi homogen. Teknik analisis data untuk pengujian untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalur dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hipotesis dianalisis dengan bantuan SPSS 22 pada taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar siswa menggunakan model NHT lebih baik dibandingkan model TSTS, dan nilai p-value uji anava sebesar 0,000 dan 0,000; 2) prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi sedang dan rendah, dan nilai p-value uji anava sebesar 0,000 dan 0,012; 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dan nilai p-value uji anava sebesar 0,000 dan 0,022.
Kata Kunci: model pembelajaran NHT, model pembelajaran TSTS, motivasi belajar, prestasi belajar.

 

×
Penulis Utama : Endar Sulistyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991408004
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan numbered heads together terhadap prestasi belajar ips ekonomi ditinjau dari motivasi belajar (Penelitian Pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S.991408004-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M. Pd.
2. Dr. Harini, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.