Penulis Utama : Istiyanah Ayuningtiyas
NIM / NIP : R1115051
×

LatarBelakang: Kanker Leher Rahim merupakan kanker terbanyak nomor dua yang diderita perempuan di dunia setelah kanker payudara. Pencegahan kanker leher rahim dengan melakukan deteksi dini kanker leher rahim menggunakan tes IVA, harus mendapat dukungan suami
Metode: pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah Pasangan usia subur dengan umur  ≥ 30 tahun di wilayah Puskesmas Jaten II Kabupaten Karanganyar, teknik pengambilan sampel dengan simpel random sampling dan sample sebanyak 59 responden. Dilakukan dengan menyebar langsung kuesioner kepada responden.
Hasil: Ada pengaruh yang positif antara dukungan suami dengan sikap istri dalam melakukan tes IVA dengan nilai statistic signifikan p= 0.42. Hasil koefisien korelasi r = 0,105 menunjukkan kekuatan sedang dengan arah korelasi yang  positif  bermakna antara dua variabel yang diuji.
Kesimpulan: Suami yang memberikan dukungan baik sebesar(61%)dansikapistri yang positif sebesar (71,2%) mampu menjelaskan keikutsertaan dalam pemeriksaan IVA. Disarankan bagi tenaga kesehatan lebih meningkatkan pengetahuan bagi para pasangan usia subur tentang deteksi dini kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA.

Kata Kunci: Dukungan suami, sikap istri, Tes IVA  

×
Penulis Utama : Istiyanah Ayuningtiyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115051
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antar Dukungan Suami Dengan Sikap Istri Pada Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Menggunakan Tes IVA Di Puskesmas Jaten II
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1115051-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ropitasari, S.SIT, M.Kes
2. Ropitasari, S.SIT, M.Kes Fresthy Astrika Yunita, S.ST. M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.