Penulis Utama : Tutut Rozichin Hadi Pusoko
NIM / NIP : S831408037
×

Ketidaksesuaian kondisi lapangan dengan standar nasional pendidikan begitu sangat mencolok di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal sehingga melemahkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian adalah 1) mengembangkan modul fluida statis berbasis Outdoor Contextual Experiment, 2) menganalisis kelayakan dan efektivitas modul fluida statis berbasis Outdoor Contextual Experiment, 3) meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan modul fluida statis berbasis Outdoor Contextual Experiment.
Penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R & D) mengacu pada model Borg & Gall dengan langkah-langkah, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal dengan melakukan observasi penerapan standar nasional pendidikan di SMA Insan Madani Aceh Selatan dan studi pustaka, perencanaan pembuatan modul yang didasarkan karakteristik pembelajaran kontekstual, pengembangan draft I dilanjutkan dengan validasi oleh ahli materi, media, dan bahasa kemudian direvisi menjadi draft II, uji coba awal untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap modul, revisi produk tahap I menghasilkan draft III, uji coba lapangan draft III pada 36 siswa kelas X SMA Insan Madani Aceh Selatan, dan revisi produk tahap II menghasilkan darft IV. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian adalah 1) modul fluida statis berbasis outdoor contextual experiment dikembangkan berdasarkan karakteristik pembelajaran kontekstual dengan eksperimen pada tahap inkuiri dilakukan di luar ruang kelas dengan alat dan bahan dilengkapi siswa di sekitar lingkungan sekolah, motivasi belajar ditumbuhkan melalui, a) pertanyaan yang menarik dan terkait dengan kehidupan sehari-hari pada fase bertanya, b) daya cipta dan lingkungan belajar yang aman, positif dan mudah diakses pada fase inkuiri dan masyarakat belajar, c) materi yang aplikatif dan bermanfaat pada fase pemodelan, d) dan pendidikan nilai pada fase refleksi dan penilaian autentik. 2) modul fluida statis berbasis outdoor contextual experiment layak dan efektif digunakan berdasarkan (a) hasil validasi oleh dosen ahli, dan guru, (b) hasil penilaian siswa dan guru pada tahan uji coba awal, serta uji coba lapangan. 3) Penggunaan modul fluida statis berbasis outdoor contextual experiment sangat baik dalam meningkatkan motivasi belajar.
Kata kunci: modul, outdoor contextual experiment, motivasi, Borg and Gall

 

×
Penulis Utama : Tutut Rozichin Hadi Pusoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831408037
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan modul fluida statis berbasis outdoor contextual experiment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S.831408037-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suparmi, M. A., Ph. D
2. Sukarmin, S. Pd., Ph. D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.