Penulis Utama : Amalia Desy Puspitasari
NIM / NIP : K8112005
×

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh phonics method terhadap kemampuan membaca permulaan pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kertonatan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 anak dan sampel berjumlah 16 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling sistematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan construct validity dan product moment pearson correlation. Reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach’s. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji t yang diolah menggunakan SPSS. 15 for windows.
Berdasarkan hasil analisa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan kelompok eksperimen pada saat sebelum perlakuan adalah 21,69 dan pada setelah perlakuan adalah 24,13 dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Phonics Method berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kertonatan tahun ajaran 2015/2016. .
Kata Kunci: Phonics Method, kemampuan membaca permulaan, pendidikan anak usia dini.

 

×
Penulis Utama : Amalia Desy Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112005
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh phonics method terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok b tk aisyiyah bustanul athfal kertonatan tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K.8112005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
2. Yudianto Sujana, S.Kom., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.