Penulis Utama : Imas Bellantika M.
NIM / NIP : D1313054
×

Periklanan dalam lingkup kerjanya dibagi menjadi dua jenis yaitu indoor dan outdoor. Dalam lingkup kerja outdoor advertising terdapat desainer grafis dan divisi produksi yang berperan penting dalam, dimana keduanya menjadi ujung tombak dalam perusahaan periklanan.
Perusahaan periklanan khususnya di bidang outdoor memiliki tujuan iklan untuk menginformasikan tentang suatu produk kepada konsumen dengan menggunakan media luar ruang yaitu billboard, baliho, neon box, spanduk, banner, acrylic, rontek, umbul-umbul, dsb. Dalam pembuatan media iklan outdoor tersebut tak lepas peran dari desain grafis. Desainer grafis menggunakan kata (huruf) dan gambar serta elemen-elemen grafis lain untuk berkomunikasi. Dapat dikatakan desainer grafis menjembatani antara klien dengan sebuah pesan yang dikirim ke target sasaran secara visual. Dengan desain yang telah dibuat oleh desainer grafis, maka selanjutnya peran dari divisi produksi adalah membuat desain iklan tersebut menjadi suatu bentuk iklan yang nyata.
PT. Aresta Lintas Media merupakan salah satu perusahaan iklan yang bergerak di bidang media luar ruang (outdoor). Biro iklan ini berlokasi di Jl. Gedong Kuning Selatan Gang Cendana 257 Banguntapan Yogyakarta. PT. Aresta Lintas Media siap menangani dalam pembuatan iklan media luar ruang (outdoor) seperti, billboard, neonbox, letter, acrylic, baliho, spanduk, umbul-umbul.
Dalam pembuatan iklan media luar ruang (outdoor), desain grafis yang telah menerima order dari klien kemudian langsung membuat desain seperti yang dikehendaki klien. Selanjutnya desain tersebut dapat dicetak menggunakan mesin pencetak. Namun terdapat juga iklan outdoor yang dikerjakan secara bertahap oleh bagian produksi. Dimulai dari bahan mentah hingga finishing dan pemasangan iklan outdoor tersebut pada lokasi yang ditentukan klien.
Kesimpulan dari Tugas Akhir menunjukkan bahwa, desainer grafis dan divisi produksi memiliki peran yang penting dalam pembuatan iklan media luar ruang (outdoor). Desainer grafis menyampaikan pesan kepada audiens melalui desain iklan, dan divisi produksi bertanggungjawab dalam pembuatan iklan tersebut menjadi bentuk yang nyata.
(Kata kunci : periklanan, iklan outdoor, desain grafis, divisi produksi)

 

×
Penulis Utama : Imas Bellantika M.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1313054
Tahun : 2016
Judul : Peran desain grafis dan divisi produksi dalam pembuatan iklan luar ruang (outdoor) di pt. aresta lintas media Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : D-3 Periklanan
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Komunikasi Terapan-D.1313054-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Y. S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.