Penulis Utama : Indah Saptarini
NIM / NIP : K8112038
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui Project Based Learning pada anak kelompok B TK Siwi Peni XI Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan dan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Siwi Peni XI Laweyan yang berjumlah 11 anak terdiri dari 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penugasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif menurut Miles and Hubbermen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak setiap siklusnya. Pada pra tindakan diperoleh data 3 (27%) anak dari 11 anak sudah tuntas. Berdasarkan siklus I pertemuan IV menunjukkan data dari 11 anak terdapat 7 anak (64%) sudah tuntas. Siklus II terdapat peningkatan sebesar (82%) atau sekitar 9 anak mendapat nilai tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui Project Based Learning mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Siwi Peni XI Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: kemampuan motorik halus, project based learning

 

×
Penulis Utama : Indah Saptarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112038
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan kemampuan motorik halus melalui project based learning pada anak kelompok b tk siwi peni xi Laweyan tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K.8112038-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Wahyuningsih, M.Pd
2. Yudianto Sujana, S.Kom., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.