Penulis Utama : Retno Sulistiani
NIM / NIP : R1115077
×

Latar Belakang: Dukungan suami merupakan bagian yang penting dalam keberhasilan memberikan ASI eksklusif karena akan mempengaruhi kondisi psikologis ibu yang akan berdampak terhadap keberhasilan menyusui. Presentase bayi yang mendapat ASI eksklusif di Indonesia adalah 54,3% sedangkan di Kota Yogyakarta pada tahun 2013 cakupan ASI eksklusif Kecamatan Pakualaman sebesar 10,9%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan suami terhadap pemberian ASI eksklusif di  wilayah kerja Puskesmas Pakualaman Kota Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan total sampling. Besar sampel adalah 43 responden yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik penggumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi koefisien kontingensi.

Hasil: Dukungan suami pada ibu menyusui terhadap ASI eksklusif termasuk tidak baik (46,5%) dan pemberian ASI eksklusif termasuk kategori tidak memberikan ASI eksklusif (67,4%). Berdasarkan hasil analisi data diperoleh kekuatan korelasi r = 0,431; p = 0,020. Hal ini berarti bahwa ada hubungan negatif antara dukungan suami dengan pemberian ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Pakualaman Kota Yogyakarta dengan kekuatan sedang.
Simpulan: terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan suami dengan pemberian ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Pakualaman Kota Yogyakarta.

Kata Kunci: dukungan suami, ASI eksklusif, ibu menyusui

 

×
Penulis Utama : Retno Sulistiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115077
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh dukungan suami terhadap pemberian asi eksklusif di wilayah kerja puskesmas Pakualaman Kota Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1115077-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Mulyani, S.Kep., Ns., M.Kes
2. Hardiningsih, S.ST., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.