Penulis Utama : Woro Kinanta Legi
NIM / NIP : K3111068
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul bimbingan belajar yang layak dan efektif sebagai pengembangan media layanan bimbingan belajar untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan/ R&D (Research and development) yang menghasilkan modul bimbingan belajar yang layak dan efektif sebagai pengembangan media layanan bimbingan belajar untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Analisis data menggunakan Paired Samples t-Test dengan bantuan IBM Statistic 20.
Hasil analisis menunjukkan bahwa indeks hasil uji validasi ahli sebesar 0,866 maka dapat disimpulkan bahwa penilaian modul bimbingan belajar menurut ahli memiliki validitas sangat baik dengan tingkat kehandalan almost perfect agreement. Uji kelompok kecil pada praktisi sebesar 0,777 maka dapat disimpulkan bahwa modul bimbingan belajar memiliki validitas yang baik dengan tingkat kehandalan substantial agreement. Nilai uji kelompok kecil pada peserta didik sebesar 173 maka dapat disimpulkan bahwa penilaian modul bimbingan belajar menurut peserta didik termasuk kategori sangat sesuai. Hasil dari uji validasi tersebut didukung dengan hasil Uji t, diperoleh t hitung 10,508 dan t tabel 2,045 dengan signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 10,508 > 2,045, berarti hipotesis terbukti.
Simpulan penelitian ini adalah modul bimbingan belajar efektif untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Modul bimbingan belajar, Prokrastinasi akademik.

×
Penulis Utama : Woro Kinanta Legi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3111068
Tahun : 2016
Judul : Modul Bimbingan Belajar untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Bimbingan Konseling-K.3111068-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Asrowi, M.Pd
2. Dra. Wardatul Djannah
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.