Penulis Utama : Widia Astian
NIM / NIP : K5412078
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi antara yang menggunakan metode pembelajaran Scramble, Make a Match dan ceramah tanya jawab, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi antara yang menggunakan metode pembelajaran Scramble dan ceramah tanya jawab, 3) mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi yang antara yang menggunakan metode pembelajaran Make a Match dan ceramah tanya jawab, 4) mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi antara yang menggunakan metode pembelajaran Scramble dan Make a Match.
Jenis penelitian adalah Eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini kelas XI IPS dan sampel penelitian peserta didik kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 peserta didik dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen 1 metode scramble yang berjumlah 33 serta XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 33. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskripstif dan statistik inferensial parametrik dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis Anava Satu Arah dan Uji lanjut Anava (Uji Sceffe’).
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan metode pembelajaran Scramble, Make a match dan Ceramah tanya jawab pada materi pokok potensi fisik dan sosial wilayah Indonesia peserta didik kelas XI. 2) Hasil belajar geografi menggunakan metode Scramble lebih baik daripada hasil belajar geografi menggunakan metode Ceramah tanya jawab. 3) Hasil belajar geografi menggunakan metode Make a match lebih baik daripada hasil belajar geografi menggunakan metode pembelajaran Ceramah tanya jawab. 4) Hasil belajar geografi menggunakan metode Scramble tidak lebih baik daripada hasil belajar geografi menggunakan metode Make a match.
Kata Kunci : Scramble, Make a match, Hasil Belajar, Potensi Fisik dan Sosial

 

×
Penulis Utama : Widia Astian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412078
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh metode scramble dan make a match terhadap hasil belajar geografi pada materi pokok potensi fisik dan sosial wilayah indonesia kelas xi sma negeri 1 teras Boyolali tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K.5412078-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Inna Prihartini, M.S
2. Singgih Prihadi, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.