Penulis Utama : Rita Nurhamsah
NIM / NIP : K7411134
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi profesional guru dalam pembelajaran akuntansi di SMK Negeri Kota Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, metode deskriptif. Subyek penelitian adalah guru pembelajaran akuntansi di SMK Negeri Kota Surakarta yang berjumlah 25 guru. Objek penelitian adalah kompetensi profesional. Populasi penelitian adalah semua guru dalam pembelajaran akuntansi di SMK Negeri Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan, observasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan, secara keseluruhan kompetenesi profesional guru dalam pembelajaran akuntansi di SMK Negeri Kota Surakarta mencapai rata-rata-rata 2,9048, nilai terendah 2,70, nilai tertinggi 3,37 atau sebesar 72,58% dari skor ideal yang diharapkan 100%. Secara rinci, kompetensi profesional guru dalam kemampuan menyebutkan landasan kependidikan, kemampuan menjelaskan landasan kependidikan, kemampuan mengorganisasi program pembelajaran, kemampuan pelaksanaan program pembelajaran, kemampuan mengevaluasi proses pembelajaran dan kemampuan pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan, berturut-turut 72,52%: 71,44%: 71,80%: 72,54%: 73,50% dan 73,71% dari skor ideal yang diharapkan 100%. Baik secara keseluruhan maupun secara rinci, tingkat kompetensi profesional guru masih di bawah 75%.
Kata kunci : kompetensi profesional guru, pembelajaran akuntansi

×
Penulis Utama : Rita Nurhamsah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7411134
Tahun : 2016
Judul : Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K.7411134-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudiyanto, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.