Penulis Utama : Dwi Ardianto
NIM / NIP : I8313016
×

Paitan merupakan tanaman semak belukar yang banyak dijumpai di dataran tinggi dan memiliki masa pertumbuhan yang cepat. Daun paitan mengandung alkaloid, flavonoid, saponin dan tanin yang bersifat toksik bagi hama ulat pemakan daun. Oleh karena itu, daun paitan potensial untuk dijadikan pestisida organik. Adapun tujuan pekerjaan ini adalah untuk membuat pestisida organik.
Pembuatan pestisida organik meliputi 2 tahap yaitu pengekstrakan daun paitan dan pembuatan pestisida organik. Tahap pertama, daun paitan kering diekstrak dengan menggunakan air. Proses ekstraksi berlangsung selama 15 menit dan suhunya dijaga 90oC. Larutan ditunggu sampai dingin kemudian disaring menggunakan kain saring. Ampas hasil penyaringan langsung dibuang sedangkan filtratnya digunakan untuk pembuatan pestisida organik. Sebelum dibuat pestisida, filtrat diuji kandungannya terlebih dahulu.
Tahap kedua, pembuatan pestisida organik dengan memfermentasikan ekstrak daun paitan 830 ml, larutan gula 50 gram/100 ml air, 100 ml asam cuka 5%, 100 ml alkohol 40%, EM4 100 ml dan Bacillus thuringiensis sebanyak 1.000 ml. Proses fermentasi dilakukan keadaan tertutup di dalam wadah bekas air mineral. Sebelum digunakan untuk fermentasi, wadah disterilkan dengan air panas ±100oC. Fermentasi berlangsung selama 5 hari. Hasil fermentasi berupa pestisida organik yang berwarna kuning kecoklatan dan berbau menyengat.
Pestisida organik daun paitan selanjutnya dilakukan pengujian. Pengujian meliputi uji hama dan uji residu pestisida. Berdasarkan hasil uji hama dapat diketahui bahwa mortalitas hama ulat uji pada pestisida organik lebih besar daripada pestisida komersial yaitu 95%. Sedangkan mortalitas dari pestisida komersial adalah 86,65%. Pada pengujian residu pestisida, didapatkan residu pestisida organik daun paitan <0,0002 yang masih di bawah batas maksimum residu yaitu 0,1.
Dari percobaan, daun paitan dapat dijadikan produk pestisida organik yang ramah lingkungan. Pestisida organik daun paitan aman digunakan sebagai pembasmi hama ulat pemakan daun.

 

×
Penulis Utama : Dwi Ardianto
Penulis Tambahan : 1. Ilham Saiful Amri
2.
NIM / NIP : I8313016
Tahun : 2016
Judul : Pestisida organik daun paitan yang ramah lingkungan dengan fermentasi em4 dan Bacillus thuringiensis
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Kimia-I.8313016-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Arif Jumari, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.