Penulis Utama : Elsa Febrianty Anisaputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.0212040
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antara Sosial-Ekonomi Leader-Member Exchange dengan Kinerja Pengikut: Peran Moderasi Motivasi Kerja (Studi pada Karyawan dan Manajer RSUD Dr. Moewardi Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Manajemen-F.0212040-2016
Subyek : ELMX
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara sosial-ekonomi leader member exchange dengan kinerja pengikut: peran moderasi motivasi kerja dengan objek penelitian karyawan dan manajer RSUD Dr.Moewardi Surakarta. Variabel dalam penelitian ini adalah Social Leader Member Exchange (SLMX) dan Economic Leader Member Exchange (ELMX) sebagai variabel independen. Kinerja pengikut sebagai variabel dependen dan motivasi kerja sebagai variabel moderasi. Kinerja pengikut terdiri dari dua dimensi yaitu kinerja dan Organizational Citizenship Behaviour (OCB).
Populasi dari penelitian ini adalah karyawan dan manajer RSUD Dr.Moewardi Surakarta non dokter dan non perawat yang berjumlah 305 orang. Penelitian ini mengambil sampel berjumlah 173 karyawan dan manajer dengan 20 kuesioner tambahan untuk manajer menilai bawahan. Data diambil menggunakan metode stratified proportional random sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah hierarchical regression analysis dengan bantuan perangkat lunak SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan negatif antara ELMX dengan kinerja tetapi terdapat hubungan negatif antara ELMX dengan OCB. Variabel independen SLMX berhubungan positif dengan kinerja dan OCB. Motivasi intrinsik memoderasi hubungan antara ELMX dengan kinerja dan SLMX dengan kinerja.
Kata kunci: ELMX, SLMX, kinerja, OCB, dan motivasi intrinsik.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_0015.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Salamah Wahyuni, SU
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis