Penulis Utama : Wijaya Heru Santosa
NIM / NIP : T8408009008
×

Penelitian ini dilakukan karena novel Para priyayi, Canting, dan Gadis Tangsi dipandang mengungkapkan hubungan yang erat antara hegemoni kekuasaan, kebudayaan, dan nilai-nilai pendidikan karakter priyayi. Hegemoni kekuasaan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan priyayi yang dikembangkan dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Berhubungan dengan hal tersebut, penelitian ini mengkaji tentang (1) budaya priyayi Jawa, (2) hegemoni budaya priyayi Jawa, dan (3) nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Para Priyayi karya Umar Kayam, novel Canting karya Arswendo Atmowiloto, dan novel Gadis Tangsi karya Suparto Brata. Tujuan penelitian untuk mendeskripkan budaya priyayi Jawa, hegemoni yang dihadapi priyayi Jawa dan hegemoni yang dilakukan oleh priyayi Jawa, serta nilai-nilai pendidikan karakter pada tiga novel tersebut.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan purposive sampling. Sumber data berupa dokumen tiga novel tersebut, informan (pengarang, dosen, guru, budayawan, penikmat, mahasiswa, dan siswa SMA). Data dikumpulkan dengan analisis isi dokumen, angket, dan wawancara mendalam..Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Data budaya priyayi dianalisis berdasarkan prinsip kesetiaan kepada atasan, hormat, dan rukun. Data tentang hegemoni dianalisis dengan teori hegemoni Gramsci yang dikembangkan oleh Raymond Williams. Data nilai-nilai pendidikan karakter dianalisis dengan perangkat pendidikan Ki Hajar Dewantara.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) wujud budaya priyayi (a) setia kepada atasan untuk mendapatkan pangkat dan jabatan ; (b) menghormati derajat, pangkat,jabatan, kekayaan, dan senioritas. dan menutup aib demi kewibawaan.; (c) budaya rukun diperlihatkan dalam pertemuan trah, menenteramkan, mengendalikan perasaan, dan membagi kemakmuran. (2) priyayi terhegemoni oleh penjajah di bidang politik, bahasa, ekonomi, media massa, pendidikan, dan berfungsi sebagai subordinat dan subaltern. Hegemoni yang dilakukan kepada wong cilik adalah ekonomi dan budaya dengan megembangkan feodalisme dan mitos kewahyuan. (3) Pendidikan Karakter pada Novel Para Priyayi, Canting, dan Gadis Tangsi. adalah (a) keteladanan dengan saling menolong, bekerja keras, ketekunan belajar, berbakti kepada orang tua, setia kepada atasan, kejujuran, dan kemandirian (b) pembiasaan beretiket priyayi; (c) pengajaran formal dan informal melalui cerita wayang, serat Serat Wedhatama, dan Wulangreh; (d) memberikan perintah yang wajib dikerjakan dan hukuman edukatif ; (e) selalu menahan keinginan yang tidak relevan; dan (f) diperlukan pengalaman lahir batin yang matang. Saran dalam penelitian ini adalah : (1) novel PP, Ct, dan GT bisa digunakan sebagai media pembelajaran moral bagi pembaca dan sebagai media untuk berdialog antara pengarang dan pembaca.(2) guru mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kompetensi inti dan kompetensi dasar pada Kurikulum 2013, perlu mengadopsi sosok tokoh dalam novel-novel tersebut di dalam menyampaikan bahan ajar pendidikan karakter dengan metode penugasan sesuai dengan visi masing-masing peserta didik. (3) Peneliti selanjutnya, hendaknya mengadakan penelitian novel yang serupa dengan pendekatan budaya dengan analisis yang lebih mendalam sehingga berguna bagi pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berbasis pendidikan karakter.
Kata kunci : priyayi, hegemoni, subaltern, subordinat, pendidikan karakter

 

×
Penulis Utama : Wijaya Heru Santosa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T8408009008
Tahun : 2016
Judul : Hegemoni budaya priyayi jawa dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel para priyayi, canting, dan gadis tangsi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-T.8408009008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Prof. Dr. Suminto A. Sayuti
3. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.