Penulis Utama : Desi Nurhayati
NIM / NIP : K5612021
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar roll belakang senam lantai melalui pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas X MIA 8 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 8 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 22 siswi putri dan 12 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru sebagai kolaborator, peneliti dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar senam lantai roll belakang. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar roll belakang dalam senam lantai siswa dari prasiklus ke siklus I. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menerapkan pembelajaran tutor sebaya untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan roll belakang dalam senam lantai sehingga ketrampilan roll belakang siswa masih rendah dan hasil belajar roll belakang dalam senam lantai siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I serta siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 44,1%, pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 64,7% dan siklus II menjadi 88,23%.
Kata kunci : Hasil belajar senam lantai roll belakang, tutor sebaya

×
Penulis Utama : Desi Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5612021
Tahun : 2016
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Roll Belakang Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X MIPA 8 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K.5612021-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sukono, M,Or
2. Slamet Widodo, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.