Penulis Utama : Isnaya Helmi Rahma
NIM / NIP : D1413042
×

PT. Arah Dunia Televisi atau ADiTV merupakan stasiun televisi lokal di Yogyakarta. ADiTV memiliki berbagai macam jenis program siar mulai dari program informasi hingga program hiburan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya program SinemA, yaitu program informasi soft news dengan format program magazine. Didalam Produksi Program Magazine memiliki proses produksi seperti prapoduksi, produksi, dan pasca produksi. Dalam proses produksi program khususnya program magazine, asisten produksi memiliki peran penting. Dimana asisten produksi merupakan sekertaris dan juru bicara PD. Tugas seorang asisten produksi adalah bertanggungjawab dengan jalannya proses produksi. Untuk itu asisten produksi wajib mengetahui jalannya proses produksi mulai dari praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi.
Selama melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) selama 2 bulan di stasiun televisi ADiTV, penulis dapat merasakan bagaimana kerja didunia penyiaran secara nyata. Penulis juga mengetahui dan memahami bagaimana cara kerja di televisi lokal yang tentunya berbeda cara kerjanya dengan stasiun televisi nasional. Selain itu penulis juga mengerti bagaimana peran dan tugas seorang asisten produksi didalam sebuah produksi program. Dengan adanya KKM ini penulis semakin percaya diri dalam memberikan arahan kepada kru serta penulis juga menjadi mudah bergaul dan dapat beradaptasi dengan cepat. Semua ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan yang diberikan oleh instansi.
Kesimpulan menurut penulis mengenai pekerjaan sebagai asisten produksi adalah asisten produksi merupakan salah satu kunci kesuksesan proses produksi suatu program, dan seorang asisten produksi merupakan seseorang yang tanggap dan berwawasan luas serta memiliki pemikiran yang kreatif. Adapun saran untuk ADiTV yaitu setiap program ADiTV memerlukan inovasi – inovasi baru agar program tidak terlihat membosankan. ADiTV juga harus mempertahankan kru yang berkompeten dan sebaiknya menambah sumber daya manusia untuk meningkatkan mutu program. Dan diharapkan agar program Diploma III Komunikasi Terapan khususnya Penyiaran untuk meningkatkan perkuliahan dengan memperdalam teori dan prakteknya. Menyediakan fasilitas terutama pada peralatan utama penunjang produksi siaran TV yang sesuai dengan standard kerja dunia penyiaran. Untuk lebih menyederhanakan sistem dari persyaratan magang tersebut.
(ADiTV, magazine, asisten produksi, proses produksi)

×
Penulis Utama : Isnaya Helmi Rahma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1413042
Tahun : 2016
Judul : Peran dan Tugas Asisten Produksi pada Program “SinemA” di Stasiun Televisi Aditv Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Prog. D III Komunikasi Terapan-D.1413042-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lipuring Tyas Wiji A. S.Sos, M.I.Kom,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.